[With Pics] Orang Korea minati kuliah Bahasa Indonesia

Quote:Orang Korea minati kuliah Bahasa Indonesia


Jumat, 11 Oktober 2013 15:20 WIB | 2769 Views

Pewarta: Masuki M Astro

Quote:


Ilustrasi Mahasiswi dan Student Korea


Seoul (ANTARA News) - Minat anak muda di Korea Selatan untuk berkualiah jurusan Bahasa Indonesia atau Melayu cukup tinggi, salah satu alasannya karena lulusannya mudah terserap dunia kerja, kata seorang dosen.

"Setiap angkatan bisa sampai 30 mahasiswa lebih yang mengambil jurusan Bahasa Indonesia," kata Maman S Mahayana, dosen tamu pada Jurusan Malay-Indonesia di Hankuk University of Foreign Studies, Seoul, Jumat.

Dosen Universitas Indonesia yang sudah beberapa tahun mengajar di Korea Selatan ini menerangkan bahwa lulusan jurusan Bahasa Indonesia/Melayu itu umumnya terserap di berbagai perusahaan Korea di Indonesia.

"Karena itu selain mahasiswa yang murni mengambil jurusan Bahasa Indonesia, ada juga eksekutif beberapa perusahaan yang juga belajar Bahasa Indonesia. Para manajer itu biasanya dipersiapkan untuk bertugas di Indonesia. Kalau kursus singkat seperti ini biasanya cuma lima bulan," katanya.

Pengamat sastra itu menyebutkan para mahasiswa Korea Selatan itu umumnya berangkat dari keadaan tidak tahu sama sekali tentang Bahasa Indonesia, namun berkat kerja keras mereka akhirnya bisa menyelesaikan studi dengan baik.

"Saya dalam mengajar selalu menggunakan pengantar Bahasa Indonesia. Bahkan saat pertama kali mengajar. Baru kalau mereka kesulitan memahami dijelaskan dengan Bahasa Inggris. Ternyata cara seperti ini efektif untuk melatih orang asing berani menggunakan Bahasa Indonesia," katanya.

Selain di Hankuk University, sejumlah perguruan tinggi lain di Korea Selatan juga membuka jurusan Bahasa Indonesia, seperti Universitas Woosong di Daejeon.
Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2013

Antara News


Semoga lebih banyak lagi yang belajar bahasa Indonesia, kalau perlu mari kita kirimkan maha guru "Bahasa Indonesia" macam mbah Kabei, Oralucu, Pongasi, Khontool kesana untuk mendidik mereka yang cantik cantik itu (walau oplas)