SIAPA EDWARD SNOWDEN ???

Ada yang tau siapa EDWARD SNOWDEN sekedar sharing gan siapa dia dan apa pentingnya dia
====================================================



Pembocor rahasia Badan Keamanan Amerika Serikat (NSA) mungkin itulah yang membuat namanya belakangan ini " agak terkenal " dia mengungkapkan NSA telah melakukan lebih dari 61 ribu operasi peretasan di seluruh dunia. Ratusan operasi berlangsung di Hong kong dan China......

Edward Snowden , mantan asisten teknis 29 tahun untuk CIA dan karyawan kontraktor pertahanan Booz Allen Hamilton. Snowden telah bekerja di National Security Agency selama empat tahun terakhir sebagai karyawan diberbagai kontraktor luar, termasuk Booz Allen dan Dell.

Snowden akan masuk sejarah sebagai salah satu pelapor yang paling kontroversial di Amerika, bersama Daniel Ellsberg dan Bradley Manning. Dia bertanggung jawab untuk menyerahkan data dari salah satu organisasi yang paling tertutup di dunia - NSA .

Dalam sebuah catatan yang yang terdapat dalam dokumen yang tersedia, ia menulis: "Saya memahami bahwa saya akan dibuat menderita atas tindakan saya," tapi "Saya akan puas jika federasi hukum rahasia, maaf tidak setara dengan kekuasaan eksekutif yang memerintah dunia yang aku cinta yang terungkap bahkan untuk sesaat. "

Meskipun tekadnya untuk mengungkapkan kepada publik, ia berulang kali menegaskan bahwa ia ingin menghindari sorotan media. "Saya tidak ingin perhatian publik karena saya tidak ingin sensasi. Aku ingin memberitahukan apa yang sedang pemerintah AS lakukan."

Dia tidak takut akan konsekuensi go public, kata dia, dan akan mengalihkan perhatian dari masalah yang diangkat oleh nya. "Saya tahu media suka personalisasi debat politik, dan saya tahu pemerintah akan mengutuk saya."

Meskipun ketakutan ini, dia tetap berharap tidak akan mengalihkan perhatian dari substansi pengungkapan nya. "Aku benar-benar ingin fokus untuk berada di dokumen-dokumen dan perdebatan yang saya harap ini akan memicu duantara warga di seluruh dunia tentang apa sebenarnyas dunia yang kita tempati sekarang ini" Dia menambahkan: "Motif saya satu-satunya adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai apa yang dilakukan atas nama mereka dan apa yang dilakukan terhadap mereka."

Dia memiliki "kehidupan yang sangat nyaman" termasuk gaji sekitar $ 200.000, . "Aku bersedia untuk mengorbankan semua itu karena saya tidak bisa membohongi hati nurani dimana pemerintah AS berniat untuk menghancurkan privasi , kebebasan internet dan kebebasan dasar bagi orang-orang di seluruh dunia dengan mesin surveilans besar mereka dan dengan diam-diam membangun jaringan kerajaan mereka "

"Saya tidak takut, karena ini adalah pilihan yang saya buat '

Di kantor NSA di Hawaii di mana ia bekerja, ia menyalin set terakhir dari dokumen yang dimaksudkan untuk diungkapkan.

"Itu bukan kejadian biasa bagi seseorang yang telah menghabiskan sepuluh tahun terakhir bekerja di dunia intelijen."

Pada tanggal 20 Mei, ia naik pesawat ke Hong Kong, di mana ia menetap sejak itu. Dia memilih kota hongkong karena "mereka memiliki komitmen bersemangat untuk kebebasan berbicara dan hak perbedaan pendapat politik", dan karena ia percaya bahwa itu adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia yang baik dan berani menolak perintah dari pemerintah AS.

Dalam tiga minggu sejak ia tiba, ia telah berlindung di sebuah kamar hotel. "Saya sudah meninggalkan ruangan mungkin tiga kali selama saya tinggal ," katanya. I

Meskipun terdengar seperti paranoia untuk beberapa oarng, Snowden memiliki alasan yang baik untuk ketakutan . Dia bekerja di dunia intelijen AS selama hampir satu dekade. Dia tahu bahwa organisasi pengawasan terbesar dan paling rahasia di Amerika, NSA, bersama dengan pemerintah yang paling kuat di planet ini, sedang mencari dia.

Sejak pengungkapan mulai muncul, dia telah menonton televisi dan dipantau internet, mendengar semua ancaman dan sumpah penuntutan yang berasal dari Washington.

Dan dia tahu betul teknologi canggih yang dimilikii mereka dan betapa mudahnya bagi mereka untuk menemukannya. Polisi NSA dan aparat penegak hukum lainnya telah dua kali mengunjungi rumahnya di Hawaii meskipun ia percaya bahwa mungkin telah diminta karena ketidakhadirannya dari pekerjaan, dan bukan karena kecurigaan dari setiap koneksi ke kebocoran.

"Semua pilihan saya buruk," katanya. AS bisa memulai proses ekstradisi terhadap dirinya, yang berpotensi bermasalah, panjang dan tak terduga untuk Washington. Atau pemerintah Cina mungkin melihat dia sebagai sumber informasi yang bermanfaat. Atau dia mungkin berakhir menjadi takluk dan dibekap ke dalam pesawat menuju wilayah AS.

Setelah menyaksikan Obama whistleblower mengadili pada tingkat historis yang belum pernah terjadi sebelumnya, ia sepenuhnya mengharapkan pemerintah AS untuk mencoba menggunakan semua bukti berat untuk menghukumnya. "Saya tidak takut," katanya tenang, "karena ini adalah pilihan yang saya buat."

Dia memprediksi pemerintah akan memulai penyelidikan dan "mengatakan saya telah melanggar Undang-Undang Spionase dan membantu musuh-musuh Amerika, ".

Satu-satunya saat ia menjadi emosional selama berjam-jam wawancara adalah ketika ia merenungkan dampak pilihannya akan di keluarganya, banyak dari mereka bekerja untuk pemerintah AS. "Satu-satunya hal yang saya takutkan adalah efek berbahaya pada keluarga saya, yang saya tidak akan bisa membantu lagi. Itulah yang membuat saya di malam hari,bersedih"
"Kau tidak bisa menunggu orang lain untuk bertindak '

Snowden tidak selalu percaya pemerintah AS menjadi ancaman terhadap nilai-nilai politiknya. Ia dibesarkan awalnya di Elizabeth City, North Carolina. Keluarganya kemudian pindah ke Maryland, dekat markas NSA di Fort Meade.

Menurut pengakuannya sendiri, ia bukan murid bintang. ia kuliah di Maryland, mempelajari komputasi, tetapi tidak pernah menyelesaikan kursus tersebut. (walaupun akhirnya Dia kemudian memperoleh ijazahnya.)

Pada tahun 2003, dia terdaftar di tentara AS dan memulai program pelatihan untuk bergabung dengan Pasukan Khusus. Meminjam prinsip yang sama bahwa ia sekarang mengutip untuk membenarkan kebocoran, ia berkata: "Saya ingin berjuang dalam perang Irak karena saya merasa seperti saya punya kewajiban sebagai manusia untuk membantu orang bebas dari penindasan".

Dia menceritakan bagaimana keyakinannya tentang tujuan perang itu cepat terhalau. "Sebagian besar pelatihan orang kita diarahkan tentang membunuh orang Arab, ," katanya. tetapi Setelah ia patah kedua kakinya dalam kecelakaan pelatihan, ia diberhentikan.

Setelah itu, ia mendapat pekerjaan pertamanya di fasilitas NSA, bekerja sebagai penjaga keamanan untuk salah satu fasilitas rahasia badan di University of Maryland. Dari sana, ia pergi ke CIA, di mana dia bekerja pada keamanan IT. Pemahamannya tentang internet dan bakatnya untuk pemrograman komputer memungkinkan dia untuk naik cukup cepat untuk seseorang yang tidak memiliki ijazah sekolah tinggi.

Pada tahun 2007, CIA menempatkan dia di Jenewa, Swiss. Tanggung jawabnya untuk menjaga keamanan jaringan komputer berarti ia memiliki izin untuk mengakses beragam dokumen rahasia.

Akses itu, bersama dengan hampir selama tiga tahun ia diangkat menjadi perwira CIA,sejakitulah dia mulai serius mempertanyakan kebenaran dari apa yang ia lihat.

Dia digambarkan sebagai formatif sebuah insiden di mana ia mengklaim agen CIA sedang berusaha untuk merekrut seorang bankir Swiss untuk memperoleh informasi perbankan rahasia. Snowden mengatakan mereka mencapai ini dengan sengaja membuat mabuk bankir dan mendorong dia untuk pulang di mobilnya. Ketika bankir ditangkap karena mengemudi dalam keadaan mabuk, agen yang menyamar tersebut berusaha untuk berteman dengan dia menawarkan untuk membantu, dan ikatan dibentuk yang menyebabkan sukses perekrutan. (LICIKNYA AMERIKA)

"Banyak dari apa yang saya lihat di Jenewa membuatbenar benar saya kecewa tentang bagaimana fungsi pemerintah saya dan apa dampaknya di dunia," katanya. "Saya menyadari bahwa saya adalah bagian dari sesuatu yang melakukan jauh lebih berbahaya daripada berbuat baik."

Dia mengatakan hal itu selama tugas CIA di Jenewa bahwa ia berpikir untuk pertama kalinya tentang mengekspos rahasia pemerintah. Tapi, pada saat itu, dia memilih untuk tidak karena dua alasan.

Pertama, ia berkata: "Sebagian besar rahasia CIA telah berada di dalam pikiran orang, bukan mesin dan sistem, jadi saya tidak merasa nyaman dengan pengungkapan dan saya pikir bisa membahayakan siapa pun". Kedua, pemilihan Barack Obama pada tahun 2008 memberinya harapan bahwa akan ada reformasi nyata, rendering pengungkapan yang tidak perlu.

Dia meninggalkan CIA pada tahun 2009 untuk mengambil pekerjaan pertamanya bekerja untuk sebuah kontraktor swasta yang menugaskannya ke NSA lalu dia, ditempatkan di sebuah pangkalan militer di Jepang. Saat itu, ia berkata, bahwa ia "menyaksikan Obama maju dengan kebijakan yang sangat saya pikir akan mengekang",

Pelajaran utama dari pengalaman ini adalah bahwa "Anda tidak bisa menunggu orang lain untuk bertindak. Aku telah mencari pemimpin, tapi aku sadar bahwa kepemimpinan adalah tentang menjadi yang pertama untuk bertindak."

Selama tiga tahun ke depan, ia belajar betapa berbahaynya semua kegiatan surveilans NSA itu, "mereka bertekad membuat setiap percakapan dan setiap bentuk perilaku di dunia yang dikenal kepada mereka".

Ia menceritakan bagaimana ia pernah melihat internet sebagai "penemuan terpenting dalam sejarah manusia". Sebagai seorang remaja, ia menghabiskan hari "berbicara kepada orang-orang dengan segala macam pandangan dimana saya tidak akan pernah dijumpai pada saya sendiri".

Tapi dia percaya bahwa nilai internet, bersama dengan privasi dasar, akan cepat hancur oleh surveilans di mana-mana. "Saya tidak melihat diri saya sebagai seorang pahlawan," katanya, "karena apa yang saya lakukan adalah bukan untuk mementingkan diri sendiri: Saya tidak ingin hidup di dunia di mana tidak ada privasi dan karena itu tidak ada ruang untuk eksplorasi intelektual dan kreativitas . "

Begitu ia mencapai kesimpulan bahwa jaring pengawasan NSA akan segera ditarik kembali, dia bilang itu hanya masalah waktu sebelum ia memilih untuk bertindak. "Apa yang mereka lakukan" menimbulkan "ancaman eksistensial bagi demokrasi", katanya.
Sebuah masalah prinsip

Sekuat keyakinan yang, masih ada pertanyaan: mengapa dia melakukannya? "Ada hal yang lebih penting daripada uang. Jika saya termotivasi oleh uang, saya bisa menjual dokumen-dokumen tersebut ke sejumlah negara dan sudah sangat kaya."

Baginya, itu adalah masalah prinsip. "Pemerintah telah memberikan sendiri kekuasaan itu dan tidak berhak. Tidak ada pengawasan publik. Hasilnya adalah orang seperti saya memiliki kebebasan untuk pergi lebih jauh dari mereka ," katanya.

Kesetiaan-Nya untuk kebebasan internet tercermin dalam stiker di laptop-nya: "Saya mendukung Hak Online: Electronic Frontier Foundation," membaca satu. Lain berasal online organisasi menawarkan anonimitas, Proyek Tor.

Ditanyakan oleh wartawan untuk membuktikan keasliannya untuk memastikan ia tidak fantasist, ia meletakkan tanpa ragu-ragu, rincian pribadinya, dari nomor jaminan sosial kepada ID CIA dan paspor diplomatik berakhir nya. Tidak ada kecurangan. Tanyakan padanya tentang apa pun dalam kehidupan pribadinya dan dia akan menjawab.

Dia tenang, cerdas, santai dan tidak menonjolkan diri. Seorang guru komputer, dia tampak bahagia ketika berbicara tentang sisi teknis pengawasan, pada tingkat detail dipahami mungkin hanya kepada sesama spesialis komunikasi. Tapi dia menunjukkan gairah intens ketika berbicara tentang nilai privasi dan bagaimana ia merasa itu yang terus terkikis oleh perilaku badan intelijen.

Sikapnya tenang dan santai tapi ia telah dimengerti agak gugup karena ia bersembunyi, menunggu ketukan di pintu hotel. Sebuah alarm kebakaran berbunyi. "Itu belum pernah terjadi sebelumnya," katanya, mengkhianati kecemasan bertanya-tanya apakah itu nyata, tes atau taktik CIA untuk mendapatkan dia keluar jalan.

Bertebaran sisi tempat tidurnya adalah kopernya, piring dengan sisa-sisa layanan kamar sarapan, dan salinan Angler, biografi mantan wakil presiden Dick Cheney.

Sejak berita pekan lalu mulai muncul di Guardian, Snowden telah waspada menonton TV dan membaca internet untuk melihat efek dari pilihannya. Dia tampak puas bahwa perdebatan akhirnya terjadi.

Dia berbaring, disandarkan bantal, menonton CNN Wolf Blitzer meminta sebuah panel diskusi tentang campur tangan pemerintah jika mereka punya ide yang leaker itu. Dari 8.000 mil jauhnya, leaker tampak pada pasif, bahkan tidak terlibat dalam tersenyum kecut.

Snowden mengatakan bahwa dia mengagumi kedua Ellsberg dan Manning, tetapi berpendapat bahwa ada satu perbedaan penting antara dirinya dan swasta tentara,

"Saya dengan hati-hati dievaluasi setiap dokumen tunggal saya diungkapkan untuk memastikan bahwa masing-masing adalah sah untuk kepentingan umum," katanya. "Ada berbagai macam dokumen yang akan membuat dampak yang besar bahwa saya tidak akan berbalik, karena merugikan orang bukan tujuan saya. Transparansi adalah tujuannya ."

Dia sengaja memilih, katanya, untuk memberikan dokumen kepada wartawan yang penilaiannya ia percaya tentang apa yang harus publik dan apa yang harus tetap dirahasiakan.

Adapun masa depannya, dia tidak peduli. Dia berharap publisitas kebocoran yang telah dihasilkan akan memberikan dia beberapa perlindungan, sehingga "sulit bagi mereka untuk mendapatkannya dengan cara kotor".

Ia memandang harapan terbaik sebagai kemungkinan suaka, dengan Islandia -

, "Saya merasa puas bahwa ini adalah semua worth it. Aku tidak menyesal."

======================================================

SEMOGA BERMANFAAT DAN MEMBUKA MATA DAN WAWASAN KITA
JANGAN LUPA



LINK REFERENSINYA:

http://bit.ly/15ODrA3
Merdeka Online