Jokowi Jadi Calon Presiden dari PDIP



TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan partainya hingga kini belum memutuskan sikap atas pemilihan presiden 2014 mendatang. Siapa saja masih mungkin untuk dicalonkan menjadi presiden, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

"Jokowi itu sudah menjadi dinamika di internal dan eksternal untuk dicalonkan," kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Selasa, 28 Mei 2013. Suara mayoritas kader, kata Puan, masih menginginkan agar mantan Wali Kota Solo itu fokus dulu mengurusi Jakarta.

Puan mengatakan, PDIP belum mau mengganggu tugas dan konsentrasi Jokowi. Partai berharap Jokowi bisa menunjukkan kredibilitas dan potensinya dalam memimpin dan mengubah wajah Jakarta. "Yang penting tunjukkan dulu eksistensi dan kinerja."

Saat ini kata Puan, partai terus mencermati dan mengkaji hasil pemilihan kepala daerah di sejumlah daerah. Di beberapa pilkada, PDIP menunjukkan peningkatakan elektabilitas signifikan. Bahkan di Pilkada Jawa Tengah, calon gubernur yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo, menang besar dibanding calon gubernur incumbent yang didukung Demokrat, Bibit Waluyo.

PDIP, menurut Puan, akan belajar dari hasil pilkada. Dia meyakini dinamika politik akan selalu berubah. Soal pencalonan Jokowi sebagai capres toh diakui Puan terus menguat di tengah publik. Karena itu, partainya akan terus memantau perkembangan politik menjelas penetapan calon. "Kami lihat, kalau ada dinamika baru semua keputusan masih mungkin."

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...iden-dari-PDIP

Semoga PDIP dgn legowo mencapreskan Jokowi di 2014... Rakyat Indonesia butuh pemimpin seperti Jokowi