Ini Dia, 20 Finalis World Muslimah 2013



KOMPAS.com - Perhelatan World Muslimah 2013 hampir mendekati babak final. Setelah melalui proses penjurian ketat dari 100 semifinalis, telah terpilih 20 finalis yang akan berlaga di grand final yang dijadwalkan bakal digelar pada 18 September 2013, di Balai Sarbini, Jakarta.

Dari 20 finalis terpilih, enam di antaranya berasal dari Nigeria, Amerika Serikat, Bangladesh, Iran, dan Brunei Darussalam. Sementara 14 lainnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

World Muslimah Fundation (WMF) sebagai penyelenggara selanjutnya akan mengagendakan kedatangan para finalis untuk menjalani spritual camp selama sepekan, yang bertempat di Jakarta dan Jawa Barat. Selama proses tersebut, para finalis juga akan menjalani sejumlah workshop, antara lain workshop Business & Islamic Economic, Fashion Muslim, dan Personality Development.

Penjurian pada babak semifinal melibatkan sejumlah juri yang berkompeten di bidangnya. Di antara mereka ada U. Saefudin Noer (Syariah CIMB Niaga), Windri Marieta (artis), Ofiyati Sobriyah, SH (ahli pendidikan Qur'an), Gina Hendraswati (aktivis), Velda Rusli (media), dan juri tamu dari Brunei Darussalam: Baron DR Abdul Radzak (entrepreneur).

Ada pun 20 finalis World Muslimah 2013 terpilih adalah:
1. Obabiyi Aishah Ajibola - Nigeria
2. Aisha Aderonke Adeshina - Nigeria
3. Ainee Fatima - USA
4. Naznin Sultana Liza - Bangladesh
5. Dayangku Rabiatul Adawiyah Binti Pengiran Haji Bolkiah - Brunei Darussalam
6. Masoumeh Ibrahemi- Iran
7. Nia Budi Kurniawati - Indonesia (Jawa Barat)
8. Noor Aspasia - Indonesia (Jawa Barat)
9. Evawani - Indonesia (Aceh)
10. Febrian Nurvianti - Indonesia (Bali)
11. Anggi Maisarah- Indonesia (Sumatera Utara)
12. Maulina Sukmawati- Indonesia (Jawa Tengah)
13. Santi Handayani- Indonesia (Sulawesi Barat)
14. Nadia Chairunnisa – Indonesia (Riau)
15. Ananda Suci Munggaran- Indonesia (Jawa Barat)
16. Hidayatur Rahmi - Indonesia (Sumatera Barat)
17. Futri Virginia – Indonesia (DKI Jakarta)
18. Balqis Faradiba – Indonesia (DKI Jakarta)
19. Nur Maulida – Indonesia (Tangerang)
20. Putri Puspita Wardhani – Indonesia (Jawa Timur)

Para finalis akan unjuk kebolehan pada malam grand final. Namun, sebelumnya publik juga bisa turut berpartisipasi dengan memilih The Most Favorite World Muslimah 2013 lewat vote yang telah dimulai sejak 21 Agustus 2013. Caranya dengan masuk ke situs Kompas.com dan kunjungi http://kom.ps/worldmuslimah.

World Muslimah atau pemilihan Duta Muslimah Sejagat sendiri sebelumnya menjaring 550 peserta. Babak penyisihan pertama digelar secara online di redaksi Kompas.com, sebelum memilih 100 semifinalis.

Dalam babak penyisihan, tim dewan juri mengaku kagum dengan kualitas peserta World Muslimah tahun ini. Dewan juri terdiri atas Carolina Septerita (Wardah Cosmetics), Fikria Hidayat (redaktur foto Kompas.com), Lea ELFARA (penyanyi dan pengusaha muslimah), Agoes Noegroho (pelukis kalligrafi), N. Imam Akbari (social entrepreneur), S. Artaty (Mumtaaz Boutique), dan Eka Shanty (founder WMF).

Peserta yang ikut serta dalam ajang World Muslimah merupakan perempuan muda usia 18-27 tahun, berprestasi di bidang akademik, olahraga, seni dan budaya. Mampu membaca Al-Qur'an serta telah memakai busana muslim dan hijab dalam kehidupan sehari-hari. Mereka berasal dari 11 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei, Bangladesh, Iran, Maroko, Nigeria, Amerika Serikat, Belanda, Turki, dan Afganistan.

http://female.kompas.com/read/2013/0...Muslimah.2013.


Jangan mau kalah sama miss word... eh world ding.
Kalau yg ini kan bukan eksploitasi wanita, jadi nggak bakal didemo