[Buruh BerSatu] Buruh Minta UMK 2014 Rp 3,2 Juta



KARAWANG-Sekitar 500 buruh yang tergabung dalam beberapa serikat pekerja seperti FSPEK KASBI, FSPS, FPPMI, FSPIB, FKI RTMM SPSI, dan FKKI sekitar 11.00 WIB mendatangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Dalam demo tersebut, para pendemo desak Disnakertrans merespons tuntutan buruh yang memperjuangkan hak-haknya sertai menaikkan UMK 2014 menjadi Rp3,2 juta dari tahun 2013 yang ditetapkan Rp2.030.000 atau naik 50 persen.

Menurut ketua FPPMI, Daeng, buruh juga menuntut agar tidak ada perubahan dewan anggotan pengupahan Kabupaten Jarawang, karena ada pihak lain yang menginginkan untuk secepatnya diganti. “Kalau anggota dewan pengupahan tersebut diganti maka berurusan dengan kami termasuk Bupati dan Kepala Dinas,� ungkapnya.
Mereka juga meminta dilibatkannya satu orang perwakilan dari serikat pekerja yang tergabung dalam Aliansi Besar Karawang (ABK).

“Alasan kami menuntut upah menjadi Rp 3,2 juta, dampak dari kenaikan BBM serta merosortnya nilai tukar mata uang serta harga barang yang semakin melambung tinggi. Mengakibatkan daya beli masyarakat menurun. "Dengan kolektifitas dan kebersamaan mari wujudkan harapan buruh Karawang seperti halnya tahun sebelumnya dan akhirnya UMK bisa terlealisasi,� tutupnya.(rie/man)

http://pasundanekspres.co.id/karawan...2014-rp32-juta

sebaiknya di nasionalisasikan saja upah buruh menjadi 4 juta