BBM Blackberry VS BBM Android & iPhone, Fitur Pembeda

Setelah menempuh hari panjang dalam dunia bisnis, RIM telah mengeluarkan list date launch BBM Android & iPhone.
Tanggal yang di keluarkan oleh RIM sudah mendapat persetujuan dari Google Play dan App Store.

Jadwal lansir dari dari Google Play tepat tanggal 21 September 2013 pada pukul 18.00 WIB dan App Store pada tanggal 22 September 2013 pada pukul 00.01 WIB setelah di konversi dari 0 GMT

Inilah mungkin salah satu kesamaan dari BBM Blackberry dan BBM platform lain yang di lansir pada Blackberry for Everyone :

1. "Chatting" di BBM

Pengguna BlackBerry tentu akrab dengan huruf kecil "D" dan "R" di BBM yang menunjukkan status pesan apabila telah terkirim dan dibaca.

BBM juga menunjukkan apabila lawan bicara sedang mengetik pesan balasan. Fitur khas yang satu ini turut diboyong ke BBM di Android dan iOS.

2. Kemampuan berbagi foto dan "voice notes"

Kemampuan pengiriman lampiran file (attachment) berupa gambar atau file jenis lain adalah salah satu fitur wajib untuk aplikasi chatting masa kini. BBM pun tak alpa menyediakan fungsi tersebut.

3. BBM Group hingga 30 users

BBM Groups di aplikasi BBM untuk Android dan iOS mampu menampung hingga 30 pengguna berbeda. Seperti di ponsel BlackBerry, group chat ini juga mendukung sharing gambar dan jadwal antarsesama anggota, juga penyiaran satu pesan ke banyak pengguna sekaligus di dalam grup alias Broadcast Message.

4. Notifikasi perubahan status

BBM akan memberi tahu pengguna apabila ada pesan baru, perubahan status, ataupun penggantian foto Profile Picture dari teman-teman di dalam daftar kontak.

5. "Personal Identification Number" (PIN)

Inilah salah satu keunikan yang membedakan BBM dari teman-temannya sesama aplikasi pesan instan. PIN dipakai untuk mengidentifikasi pengguna agar nomor telepon atau alamat e-mail tak perlu tersebar sehingga menjaga privasi.

Dari sisi ini, RIM akan membuat hak veto untuk setiap platform. Banyaknya prediksi masa depan yang akan memprediksi Blackberry akan tumbang karena BBM telah di buka untuk Platform lain, Thorsten Heins sebagai CEO RIM mengatakan, " Kita bisa melihat kedepan, tetapi anda tidak bisa melakukannya sekarang di masa depan". Dari pernyataan tersebut developer BBM Android, Tom Justin mengatakan, " Beberapa fitur akan terlihat berbeda di akan datang, mungkin hari ini sama, esok hari akan berganti", tegas Tom.

Perencanaan fitur apa yang akan berbeda setelah BBM akan mengupdate khusus untuk platform Blackberry masih menjadi rahasia, namun ia mengatakan, " Kecepatan menjadi pembeda antara platform ", ungkap Tom.
Ternyata Blackberry akan membuat kecepatan mengirim pesan melalui Double-Voip, melewati lalu lintas jarigan operator masing-masing user, dan di seleksi oleh Voip Blackberry. Itu artinya, sampainya pesan dalam pengiriman ditentukan oleh Voip terakhir, pastinya Blackberry memprioritaskan pengiriman pesan dari platform Blackberry.